Cara Mudah Mengatasi Komputer Gagal Booting

Tampilan Jika Komputer Gagal Booting
Samoedra Tekno – Tidak bisa kita pungkiri bahwa kebutuhan akan teknologi dalam kehidupan tidak bisa kita lepas, Terutama kebutuhan akan perangkat PC (Personal Computer). Perangkat PC ini meliputi berbagai jenis seperti Laptop, Notebook & Computer.

Sebelum anda menggunakan Perangkat PC tersebut, anda diwajibkan untuk menyalakannya dan proses menyalakannya ini dinamakan Booting, namun tak ayal beberapa kasus terjadi pada Perangkat PC yang melakukan gagal Booting, 

Oleh karena itu, pada postingan kali ini ane akan memberikan sedikit cara untuk mengatasi Komputer Yang Gagal Booting, langsung aja yuk sobat ST.

Dalam kasus Komputer yang gagal Booting ini terdapat beberapa sebab yang menyebabkan Komputer tersebut gagal booting, salah satunya yaitu muncul pesan Verifying Pool Data dan computer akan menjadi Hang/tidak bekerja sebagai mana mestinya

Jika sebab tersebut terjadi juga pada computer sobat, tak ada salahnya untuk kita melakukan analisa terlebih dahulu, apa penyebab yang menjadikan computer kita keluar pesan tersebut

Berdasarkan pengalaman teman ane, ketika temen ane itu sedang asyik bermain computer, tiba-tiba listrik padam dan temen ane lupa untuk memakau UPS. Ketika listrik sudah nyala kembai temen ane itu menyalakan kembali komputernya, namun apa yang terjadi ? malah yang keluar pesan Verifying Pool Data

Pada saat itu juga temen ane langsung mengecek hardisk dari si computer, karena ia takut hardisk mengalami High Badsectornamun kata dia hardisknya masih normal dan tidak mengalami kerusakan fatal sama sekali alias sehat wal afiat sobat ST.


Biasanya ketika computer kita itu mati mendadak saat sedang digunakan, Hardisk bisa saja mengalami yang namanya Badsector ringan. Hal tersebut bisa terjadi karena hardisk mati mendadak atau kehilangan daya secara tiba-tiba, sehingga menyebabkan file-file system yang tidak tersimpan dengan benar.

JIka hal tersebut terjadi lantas apa yang kita lakukan sob ? Simak dibawah ini ya sobat setia Samoedra Tekno (ST)

Cara mengatasi komputer hang dengan pesan "Verifying DMI Pool Data" :
  • Siapkan CD Bootable
  • Silakan booting komputer dari CD/DVD
  • Pilih boot via DOS (Command Promt)
  • Masuk ke drive C dengan perintah C : ENTER
  • Lakukan scandisk dengan cara ketik SCANDISK C: ENTER
  • Setelah proses scandisk selesai, dan exit ketik CHKDSK C: ENTER
  • Selesai, silakan restart komputer anda

Setelah anda melakukan cara-cara diatas anda berhasil masuk ke Windows ? jika anda berhasil maka, Selamatt !! computer anda bisa berjalan dengan normal kembali. Namun jika masih belum berhasil silahkan anda simak dengan baik Video Dibawah ini.


Sekian Dulu perjumpaan kita sob, semoga artikel diatas bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ya sobat ST.


Salam Sobat ST

0 komentar:

Post a Comment