Definisi & Fungsi Sistem Operasi Komputer

Jenis-Jenis Sistem Operasi

Samoedra Tekno – Anda pasti sering menggunakan yang namanya Komputer, Handphone terutama Smartphone. Apakah anda tahu bahwa di dalam perangkat tersebut memiliki yang namanya Sistem Operasi (SO) atau dalam Bahasa Inggris Operating System (OS).

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini ane akan membahas tentang Definisi Sistem Operasi (Terutama pada Komputer). Pada postingan kali ini ane akan membahas tentang Pengertian, Fungsi & bagian-bagian Operasi pada Komputer, Sejarah SIngkat SO,, Oke langsung saja yuk Sobat ST

Definisi Sistem Operasi

Sistem Operasi adalah sebuah perangkat lunak/software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang di dalam computer, sehingga perangkat tersebut dapat bekerja sebagaimana mestinya dan saling berkomunikasi.

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori computer pada saat computer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dapat bekerja ketika computer tersebut sudah dipasang/diinstall SO tersebut.

Kita dapat juga mengartikan bahwa Sistem Operasi merupakan segala-galanya bagi computer seperti fungsi jantung pada system tubuh manusia. Sistem Operasi juga dapat melakukan layanan inti ummum untuk software-software tersebut

Layanan inti umum yang dimaksud ialah akses ke Disk, Manajement Memori, Skeduling teask, dan antar-muka (interface). Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas yang umum tersebut, tugas tersebut sudah di cover oleh system operasi. Bagian yang bertugas untuk meng-cover inti umum dinamakan Kernel

Fungsi Sistem Operasi

Sistem Operasi juga memiliki fungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dengan lapisan software. Selain itu SO juga melakukan semua perintah-perintah penting yang terdapat dalam computer.

Fungsi lain dari SO adalah menjamin bahwa aplikasi-aplikasi yang berbeda-beda fungsiny dapat berjalan secara lancer walaupun digunakan pada saat yang bersamaan. Sistem Operasi juga menjamin bahwa software lainnya bisa memaki memori walaupun sedang menjalankan aplikasi yang berbeda fungsi tersebut.

Karena sudah dijaman akan ketersediaan memori oleh Sistem Operasi maka computer dapat melakukan kegiatan i/o atau Input Output terhadap peralatan lain, dan mempunyai akses kepada Sistem File.

Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan maka Sistem Operasi akan melakukan tugasnya untuk mengatur jadwal dengan sedemikian rupa, sehingga sebisa mungkin semua proses pada computer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan kapasitas CPU agar tidak saling mengganggu antar perangkat.

Contoh-contoh dari Sistem operasi Komputer misalnya adalah Windows, Linux, MacOS, dan lain lain

Bagian-bagian Operasi pada Komputer

  • Mekanisme Booting, yaitu meletakan kernel ke dalam memory kernel, dengan begini kernel dapat dikatan sebai inti dari Siste Operasi.
  • Command Interpreter atau Shell, bertugas untuk membaca atau input yang berupa perintah untuk menyediakan perangkat lunak lain. Contoh dari Shell adalah : Command Prompt (CMD) pada Sistem Operasi Jenis Windows, XTerm dan Konsole pada Sistem Operasi Linux
  • Driver berfungsi untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kerja hardware.
  • Resource Allocator. Sistem Operasi bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
  • Handler. Handler berperan penting dalam mengendalikan Sistem perangkat agar terhindaru dari kekeliruan (Error) dan mengurangi penggunaan sumber daya yang tidak perlu.

Sejarah Singkat Sistem Operasi (SO)

Menurut Tanebaum, Sistem Operasi mengalami perkembangan yang dapat kita bagi menjadi 4 generasi.
  • Generasi Awal Perkembangan Sistem Operasi, dahulu SO masih dilakukan secara manual, maksudnya adalah belum muncul adanya Sistem Operasi yang otomatis artinya belum support dengan layanan pekerjaan yang dilakukan ke dalam 1 rangkaian
  • Generasi Kedua Perkembangan Sistem Operasi, di dalam generasi ini sudah diperkenalkan dengan pekerjaan yang dapat dilakukan dengan 1 rangkaian atau lebih dikenal dengan Batch Proccessing System.
  • Generasi Ketiga Perkembangan Sistem Operasi, pada generasi ini SO sudah support dengan layanan Multi-User, Multi Progaming & Multi Tasking (Batch Progamming)
  • Generasi Keempat Perkembangan Sistem Operasi, generasi ini merupakan generasi SO yang paling sempurna dan digunakan hingga sekarang. Pada generasi ini sudah diperkenalkan dengan adanya GUI (Graphical User Interface) yang bisa kita artikan dengan Sistem Operasi memiliki tampilan dan dengan bermodalkan Mouse, End-User dapat menjalankan aplikasi/program/piranti lunak

Pada generasi-generasi berkutnya diperkenalkan Sistem Operasi yang berada dalam Sebuah Sistem Operasi atau dalam kata lain Sistem Operasi di dalam Sistem Operasi, terlihat tidak mungkin ya sob, namun di dalam duni teknologi apa si yang tidak mungkin, semuanya sangat mungkin sobat ST.

Yang dimaksud dengan Sistem Operasi di dalam Sistem Operasi adalah sebuah Sistem Operasi yang berbasiskan Website yang bekerja di dalam sebuah Sistem Operasi. Dan generasi selanjutnya diperkenalkanlah sebuah Sistem Operasi bergerak (Mobile) pada perangkat bergerat, Seperti :
  • PDA
  • Ponsel
  • Dan lain sebagainya

Pada generasi selanjutnya diperkenalkan juga sebuah Sistem Operasi jaringan yang bersifat Virtual, sehingga dalam satu jaringan hanya diinstal 1 buah Sistem Operasi pada perangkat yang memiliki tugas sebagai server.

Selain itu diperkenalkan juga pada khalayak luas Cross Platform Operating System, yang memiliki arti dapat menggabungkan dua Sistem Operasi yang berbeda seperti Linux & Windows.

Itulah definisi singkat tentang Definisi Sistem Operasi Komputer, semoga definisi tersebut dapat memperluas pengetahuan Soabat ST ya,, jangan bosen-bosen untuk membaca artikel di blog ini ya sob

Sekian dulu perjumpaan kita, semoga artikel diatas bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ya sobat ST, Sampai bertemu pada kesempatan selanjutnya…


Salam Sobat ST

0 komentar:

Post a Comment